Pentingnya Memadukan Persepsi Pembimbing Skripsi

Oleh: Mohsi

Penelitan merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yang selalu menyatu dan menjadi satu keaatuan dari sebuah kampus dalam perjalanannya, sehingga penelitian adalah bagian primer dari sebuah perguruan tinggi yang tidak boleh dianak tirikan atau bahkan tidak dianggapnya penting.

Urgensitas penelitian dilingkungan perguruan tinggi harus terus ditopang dengan hal-hal yang sifatnya membantu suksesi kegiatan penelitian, baik penelitian tersebut murni dilakukan oleh dosen, mahasiswa (yang meliputi skripsi, tesis dan disertasi), maupun kolaborasi antar keduanya. Sehingga, penelitian yang dilakukan sukses dan hasilnyapun menjadi karya dan aset intelektual sebuah perguruan tinggi.

Dalam tataran perguruan tinggi pada jenjang s1, misalnya. Mahasiswa disetiap akan berakhirnya masa kuliahnya dibebankan sebauh tugas penelitian, yaitu skripsi. Dan tugas tersebut adalah tugas wajib dilakukan oleh mahasiswa, karena hal itu merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Dalam melakukan penelitian skripsi. Tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi tugas tersebut lumrahnya kali pertama dilakukan oleh mahasiswa. Sehingga kesulitan-kesulitan pasti dihadapi olehnya. Oleh karena itu, untuk menjembatani kesulitan-kesylitan dalam penelitian skripsi tersebut, Segenap dosen STAI-MU melakukan rapat yang isinya menyatukan persepsi antar pembimbing.

Rapat penyatuan Persepsi bisa saja belum pernah dilakukan sebelumnya yang sebenarnya adalah hal yang amat penting, karena tak jarang mahasiswa mengeluh terkait dengan persoalan yang ditemukan ketika menghadap pembimbingan antar satu dengan lainnya, hal ini menunjukkan bahwa saat ini penelitian memang sangat diperhatikan oleh elemen kampus, utamanya dosen STAI Miftahul ululm demi tercapainya perguruan tinggi yang lebih bermartabat.

Penyatuan persepsi bimbingan penelitian skripsi ini diharapkan bisa membantu memudahkan jalannya penelitian yang dilakukan mahasiswa STAI Miftahul Ulum.

Dr. Mohsi, M.H.I.
Sekretaris prodi ES yang memiliki loyalitas tunggi terhadap PAI, dan dosen tetap yang sangat tawadlu' kepada yang lebih tua.

Leave a Reply