Seratus Enam Puluh Tujuh Mahasiswa STAI-MU Diwisuda

Sebanyak 167 mahasiswa STAI-MU Pamekasan telah mengikuti prosesi wisuda Sarjana S1, Ahad (08/10/2017) pagi. Jumlah tersebut terdiri dari: PAI sebanyak 112 orang, AS sebanyak 31 orang, dan Dakwah sebanyak 24 orang.

Dalam acara yang dimulai sejak jam 08:00 WIB itu tidak hanya dihadiri oleh wali wisudawan dan civitas akademika di lingkungan STAI-MU, tapi juga Dr. Muhammad Zain, M.Ag., Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Pria kelahiran Tumpiling (06/02/1972) itu memberikan orasi ilmiah di hadapan wisudawan. Dalam orasinya, Lektor pada Fak. Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu banyak membahas tentang keunggulan dan peran perguruan tinggi pesantren di era globalisasi ini.

Selain itu, tanpak hadir pula Dr. Arif Mansyuri, M.Pd. sebagai perwakilan dari Kopertais IV Surabaya.

Dalam sambutannya, laki-laki yang juga menjadi dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya itu meminta para wisudawan untuk tidak menanggalkan identitas kesantriannya. Ia juga berharap ilmu yang sudah diperoleh dari STAI-MU dapat bermanfaat dan dikembangkan di masyarakat.

“Ingat Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian,” tangkasnya.
Setelah keduanya memberikan orasi ilmiah, Dr. Zain beserta Dr. Arif segera meninggalkan ruang wisuda terlebih dahulu. Pasalnya, di hari itu sangat banyak undangan yang harus mereka tepati.

Prosesu wisuda terssbut berlangsung hidmad, dan pelaksanaan wisuda berahir jam 13:00 WIB. Nampak keceriaan terpancar diwajah para sarjana yang baru saja diwisuda. Mereka menikmati photo bersama keluarga, istri, dan orang-orang terdekatnya. Semoga ilmu yang mereka dapatkan bermanfaat dan berguna bagi Nusa dan Bangsa. (ahnu)

admin
Kami menerima tulisan dalam bentuk essai, opini, resensi, cerpen; baik dosen, mahasiswa, maupun umum selama tidakmenyinggung unsur SARA dan pornografi. Admin berhak mengedit tulisan yang masuk, dan artikel yang dimuat berada dalam tanggung jawab penulis masing-masing. Untuk berkontribusi, kunjungi menu "Kontribusi" di pojok kanan atas.

Leave a Reply