Proses Ujian Skripsi STAI Miftahul Ulum Berjalan Syakral

STAIMU hari ini menyelenggarakan ujian skripsi bagi mahasiswa semester IX yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti munaqasah, syarat terpenting dalam mengikuti ujian ini adalah menyelesaikan seluru mata kuliah atau SKS yang telah ditentukan dalam kurikulum perguruan tinggi. Meski demikian, apabila ada mahasiswa yang tidak lulus dalam munaqasah ini, PK1 dan Ketua Prodi memberikan waktu untuk memperbaiki melalui pembimbingan yang inten. Hal ini tentu juga sebagai bentuk evaluasi atas keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendidikan.

Sesuai dengan hasil rapat, SOP, dan kalender akademik, ujian kali ini dilaksanakan selama 5 hari. Yaitu tanggal 19 September 2017 sampai dengan tanggal 24 September 2017. Hari rabu dan kamis pelaksanaan ujian skripsi untuk prodi BPI dan AS, kemudian hari jum’at samapi hari ahad adalah prodi PAI. Dan ujian skripsi ini dibagi menjadi 2 tahap. Gelombang pertama khusus untuk mahasiswa, gelombang kedua khusus untuk mahasiswi.

Ujian dengan model sidang ini berjalan dengan baik, dan hampir seluruh dosen sangat mengapresiasi atas perubahan sistem munaqasah. Ujian skripsi dikemas dengan sakral, karena selain untuk menguji kemampuan dalam bidang pendidikan, juga menguji mental mahasiswa. Ide sistem ujian ini tidak terlepas dari kreatifitas dan kecakapan Bapak Rusdianto, M. Sos, I selaku pembatu ketua satu bidang kurikulum. Beliau sebagai inisiator pertam memberikan arahan kepada semua ketua prodi, sehingga prodi-prodi yang berada dibawah naungan STAI Miftahul Ulum menyamakan persepsi dan menjalankannya dengan baik.

Perubahan sistem ujian skripsi ini mengharuskan mahasiswa untuk belajar sungguh-sungguh agar mampu mempertahankan hasil penelitiannya didalam persidangan. Dan bagi mahasiswa yang tidak sanggup membuktikan kebenaran hasil penelitian skripsi, maka tim penguji dengan tegas tidak meluluskan. Alhamdulillah ujian skripsi berjalan dengan baik, juga menghasilkan output lulusan yang baik pula. (red)

admin
Kami menerima tulisan dalam bentuk essai, opini, resensi, cerpen; baik dosen, mahasiswa, maupun umum selama tidakmenyinggung unsur SARA dan pornografi. Admin berhak mengedit tulisan yang masuk, dan artikel yang dimuat berada dalam tanggung jawab penulis masing-masing. Untuk berkontribusi, kunjungi menu "Kontribusi" di pojok kanan atas.

Leave a Reply