Posko VIII KPM STAIMU Pamekasan Gelar Diklat Pengembangan Metode Pembelajaran

Sebagaimana kalender akademik, STAIMU Pamekasan saat ini sedang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Terhitung sejak tanggal 05 Januari 2021 lalu, peserta KPM tersebar di beberapa Desa khususnya di Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.

Sebagai kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh kampus, tentu harus mampu memberikan yang terbaik kepada Desa. Salah satu cara yang dilakukan adalah merubah metode dan tema KPM.

“Kita akan berusaha memberikan inovasi baru untuk kegiatan KPM, dan inovasi tersebut tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat yang dalam hal ini Desa”. Kata Bapak Drs. Syuhada’ Ibrahim, M.Pd selaku ketua BP3M STAIMU Pamekasan saat mengisi pengarahan.

Dengan alasan inilah KPM kali ini dikemas dengan tema dan metode yang berbeda dengan kuliah pengabdian masyarakat sebelumnya. Kalau tahun-tahun sebelumnya menggunakan metode PAR, dan tematik. Maka KPM tahun ini menggunakan metode SDGs yang mengambil fokus pada indikator kualitas pendidikan.

Dan peserta KPM yang tersebar ke beberapa Desa sudah mulai terlihat progresnya, seperti kelompok VIII yang terletak di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumur Tengah, Dusun Naga Sari, Desa Palengaan Laok.

Kelompok KPM yang didominasi oleh peserta putri ini, tidak menjadi hambatan buat mereka dalam melangkah. Mereka terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya di lingkungan Dusun Naga Sari. Terbukti dengan adanya pelatihan untuk masyarakat yang menjadi tenaga pendidik di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumur Tengah Palengaan Pamekasan yang diselenggarakan oleh peserta KPM Kelompok VIII tersebut.

Pelatihan ini digelar dalam rangka untuk mengembangkan metode pembelajaran, dengan tujuan untuk memberikan solusi terhadap problem yang terjadi pada saat ini, khususnya di Madrasah Isti’dad dalam hal metode mengajar guru khususnya dibidang pembelajaran membaca dan menulis (pego).

“Tenaga pendidik yang ada di lembaga mengalami kesulitan untuk menemukan metode yang efektif dalam mengajarkan membaca dan menulis pego, maka kami beserta teman-teman KPM Kelompok VIII mencoba menganalisa persoalan yang ada. Akhirnya kita sepakat untuk mengadakan semacam diklat metode pembelajaran membaca dan menulis pego”. Ungkap Imroatus Solihah selaku koordes kelompok VIII.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari senin 18 Januari 2021, dengan tema “Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Anak Usia Dini”. Dan kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan peserta, mulai dari siswa sampai dengan tenaga edukatif dari berbagai jenjang pendidikan. Seperti guru isti’dad, guru PAUD dan TK, Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah, dan Siswa Madrasah Aliyah.

Pemateri yang dihadirkan oleh kelompok VIII KPM STAIMU Pamekasan adalah tenaga pendidik Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, karena metode pembelajaran ini sudah diaplikasikan di pondok pesantren tersebut. Sehingga tidak heran jika antusiasme peserta diklat sangat tinggi, terlihat saat mereka bersuara lantang sambil bernyanyi bacaan-bacaan sesuai dengan panduan dari tutor atau pemateri.

Imroatus Solihah, selaku kordes sekaligus panitia pelaksana. Dalam sambutannya mengharap dengan adanya diklat pego sidogiri ini, para guru atau staf pengajar khususnya di Isti’dad dapat menerapkan metode pembelajaran Sidogiri ketika proses kegiatan belajar mengajar (KBM). “Agar peserta didik mudah mengerti serta memahami bagaimna cara membaca dan menulis pego”. Sambung pemudi yang akrab dipanggil I2m ini, dalam sambutannya.

Selain itu kegiatan tersebut sangat diapresiasi oleh berbagai pihak, mulai dari kepala sekolah sampai pengurus yayasan. Karena terbukti sangat membantu para guru dalam mendidik generasi muda sejak dini menjadi lebih berkualitas.

Acara yang berlangsung mulai dari pukul : 07.30 WIB s/d 11.00 WIB ini diakhiri dengan pemberian cenderamata kepada pamateri Bapak Iskandar Zulkarnain yang lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan beliau merupakan Alumni Pondok Pesantren Sidogiri.

reporter: Masyrufah
editor: Admin

admin
Kami menerima tulisan dalam bentuk essai, opini, resensi, cerpen; baik dosen, mahasiswa, maupun umum selama tidakmenyinggung unsur SARA dan pornografi. Admin berhak mengedit tulisan yang masuk, dan artikel yang dimuat berada dalam tanggung jawab penulis masing-masing. Untuk berkontribusi, kunjungi menu "Kontribusi" di pojok kanan atas.

Leave a Reply